10 Tips Wisata Saat Bulan Puasa



Liburan bertepatan dengan bulan puasa? Ingin berwisata? Tapi bingung? Tenang, bulan puasa bukan halangan untuk berlibur atau berwisata. Dengan beberapa cara anda tetap bisa menikmati liburan anda, berikut saya rangkum beberapa tips seputar berwisata di bulan puasa.

1. Makanan yang bergizi saat sahur
Yup, yang paling penting adalah nutrisi saat sahur. Kamu perlu merancang menu agar sahur mu tetap bergizi namun menyenangkan. Memilih-milih makanan itu penting, jangan asal makan hingga kenyang tapi nutrisinya tidak seimbang, sehingga kegiatan berwisata tidak maksimal. Buatlah daftar menu untuk sahur hari pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Tidak perlu mewah, namun bisa memberikan gizi yang cukup dan enak pula.
Yuk intip bagaimana cara agar puasa kita kuat disini.

2. Pilih destinasi wisata yang tepat dan bermanfaat.
Memilih destinasi tentunya sangatlah penting. Sesuaikan dengan minat dan keadaan (lagi puasa). Kunjungilah tempat wisata yang sekiranya tidak memerlukan tenaga/energi yang besar. Seperti, destinasi dengan jalan yang sangat menanjak atau lahan terbuka yang sangat panas. Kamu harus menghindari destinasi wisata kuliner saat siang hari tentunya wkwkwk.

3. Destinasi religi boleh juga tuh
Bepergian ke tempat wisata yang bernuansa Islami tidak hanya mengisi liburan saja, tetapi juga dapat memberikan kesan Ramadhan yang menyenangkan dan juga menambah wawasan seputar Islam dan dapat pula menambah iman. Puasa kamu makin mantap.

4. Jangan terlalu banyak memilih destinasi
Hindari memilih destinasi yang terlalu banyak. Pikirkanlah jarak tempuh, waktu tempuh, dan energi yang harus dipersiapkan ketika mengunjungi setiap tempat wisatanya. Ini agar tenaga yang dipakai saat berpuasa efektif tetapi kita mendapatkan liburan yang maksimal.

5. Hindari bepergian terlalu sering saat siang hari
Jika hendak bepergian, perhatikan dan jadwalkan lah sesuai waktu. Hindari bepergian saat matahari sedang terik teriknya. Biasanya pukul 11.00-14.30. Karena kamu bisa kena dehidrasi dan menjadi lemas. Puasa kamu juga jadi kenganggu deh.

6. Bawalah perlengkapan yang efisien.
Membuat daftar barang yang akan dibawa akan sangat membantu. Hindari membawa barang-barang yang kurang bermanfaat saat berwisata. Bawalah barang-barang seedektif mungkin. Ini juga berguna untuk mengurangi beban anda, menghindari letih saat berpuasa.

7. Jangan lupa bawa perlengkapan ibadah
Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan beribadah, terutama Al-Qur'an. Berwisata bukan berarti kita melupakan semua kesibukan dan kegiatan beribadah. Bacalah Al-Qur'an disela-sela waktu istirahat, atau saat di perjalanan (kereta/pesawat/kapal laut).

8. Jangan lupakan juga shalat Tarawih
Walaupun hukumnya sunnah, cobalah untuk tetap melakukan ibadah sahalat Tarawih, di penginapan/hotel ataupun di mesjid sekitar tempat wisata jika menginap. Mungkin kamu akan mendapatkan pengalaman sholat Tarawih yang berbeda dari tempat tinggal kamu.

9. Beristirahat yang cukup
Berwisata walaupun menyenangkan, tetapi juga cukup untuk menguras energi kamu, so, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Hindari bergadang tiap malam, agar esok hari kamu berpuasa dengan energi yang maksimal. 

10. Berbukalah dengan makanan yang sehat
Aktivitas berpergian saat puasa tentunya menguras energi kamu, jadi saat berbuka, cobalah berbuka dengan makanan yang bergizi. Dan ingat janganlah kamu terlalu rakus saat berbuka, itu kurang baik untuk kesehatan dan mungkin kamu bisa muntah.

Sekian "10 Tips Wisata Saat Bulan Puasa" Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!