Es Krim-Es Krim Unik

 
Sahabat blogger suka banget makan es krim? Coba, deh, cicipi es krim-es krim unik ini!


Si Kenyal
     Es krim Turki disebut dondurma. Dondurma tidak mudah meleleh, kenyal, dan elastis. Kenyal dan elastisnya berasal dari salep, yaitu bubuk dari akar umbi bunga anggrek.
     Saking kenyal dan elastisnya, konon, dondurma bisa direntangkan beberapa meter dan dijadikan lompat tali! Dondurma di kota Kahramanmaras lebih kenyal. Jadi, memerlukan pisau dan garpu untuk memakannya.
     Para penjual dondurma beratraksi bagaikan pesulap. Tangan-tangan mereka lincah meracik es sambil... mengerjai pembeli! Para pembeli jadi tertawa geli karena dikelabui berulang kali. Di Damaskus, Syria, juga ada dondurma. Tapi, namanya booza dan bertabur kacang pistachio.
 

Mirip Spaghetti
     Jangan tertipu kalau melihat yang satu ini. Bukan spageti, ini benar-benar es krim! Spaghetti eis diciptakan tahun 1960an oleh Dario Fontanella, pemilik toko es krim terkenal di Manheim, Jerman.
     Spaghetti eis dibuat dari es krim berwarna putih yang dicetak berbentuk spageti atau mie. Lalu, disajikan di atas piring. Supaya makin mirip spageti, bagian atasnya dilumuri saus stroberi dan parutan cokelat putih. Seakan-akan saus stroberi itu saus tomatnya dan parutan cokelat putih itu keju parmesannya. Yummy!
 

Rasa Kunyit
     India dan Pakistan juga punya es krim sendiri. Namanya, kulfi. Bedanya dengan es krim biasa, kulfi lebih padat. Mirip puding. Jadi, tidak mudah meleleh. Uniknya lagi, beberapa rasanya dari bumbu-bumbuan. Misalnya, kapulaga dan kunyit.
     Penjual kulfi di India dan Pakistan disebut kulfiwallah. Penjual menyimpan kulfi dalam matka, yaitu periuk kecil dari tembikar. Tujuannya, agar kulfi tetap beku. Kulfi disajikan di piring, di daun, atau ditusukan ke batang es krim.
 

Yang Digoreng
     Bentuknya mirip cemilan yang digoreng, misalnya combro, karoket, atau onde-onde. Tapi, begitu dibelah, ada es krim di dalamnya! Yap, itulah es krim goreng yang biasa dicicipi di Meksiko dan berbagai negara Asia.
     Es krim goreng dibuat dari es krim yang dilapisi telur menatah. Lalu, dilapisi remah-remah kue, tepung tempura, atau corn flakes. Kemudian, digoreng sampai tenggelam di minyak panas. Cukup unik!
 

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!