Hamster, si Penggali Lubang yang Ahli

 
Kalian pernah melihat Hamster? Atau malah kalian memeliharanya sebagai binatang kesayangan dirumah? Belakangan ini, hamster memang makin menjamur di kalangan masyarakat. Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pun terpesona oleh penampilan hewan mungil nan lucu ini. Hamster merupakan hewan berfilum Chordata, berordo Rodentia (pengerat), serta berasal dari famili Cricetidae.

     Hewan ini terdapat di hampir seluruh negara di dunia. Ia sering digunakan untuk percobaan di laboratium karena siklus reproduksinya cukup cepat. Badannya gemuk, dengan kaki lebar, pendek, dan gemuk pula. Ia memiliki ekor pendek serta telinga berbulu. Bulu-bulu tubuhnya tebal dan panjang. Warna bulu bervariasi, tergantung spesiesnya. Bagian bawah tubuh berwarna putih sampai abu-abu dan hitam. Matanya bulat, kecil, dan mengkilap. Dengan bahu kuat dan tubuh elastis, ia mampu menerobos lubang kecil. Hamster juga dikenal sebagai penggali lubang yang ahli dan efisien. Ia menggali lubang dengan pintu masuk satu atau lebih.
     Ada empat jenis hamster yang familiar atau banyak dipelihara masyarakat, yaitu hamster Syria, hamster mini, hamster China, dan hamster hibrida. Hamster Syria sering disebut hamster lokal, padahal hewan ini bukan berasal dari Indonesia. Dianggap hamster lokal karena jenis itulah yang pertama kali dikenal.
     Kalau ingin memelihara hamster, maka kita harus memperhatikan makanannya. Hamster termasuk hewan omnivora. Makanannya berupa butir padi, tetapi senang juga mengonsumsi buah segar, akar, bagian hijau tumbuhan, invertebrata, dan beberapa binatang kecil lainnya seperti belalang. Namun, tidak semua makanan cocok untuk hamster. Beberapa makanan, seperti daun beracun tomat, sangat berbahaya untuk kesehatan hamster.
     Mentimun juga kurang baik bagi hamster. Selain kadungan nutrisinya minimalis, makanan ini apabila dikonsumsi, juga dapat menyebabkan ekor basah dan masalah pada hati. Beberapa hamster tidak menyukai buah citrus, tetapi citrus aman untuk hamster. Hamster juga menyukai biji bunga matahari.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!