Benarkah Singa adalah Raja Rimba?

Tahukah kalian hewan apakah yang dijuluki "si raja rimba"? Ya, jawabannya adalah singa. Selama ini, singa pupuler dengan julukan "si raja rimba". Dalam berbagai dongeng fabel, singa sering ditampilkan sebagai sosok raja rimba yang berkuasa di dalam rimba. Julukan itu terasa pas bila melihat penampilan singa. Dengan badannya yang panjang, kaki pendek, kepala besar, penampakan yang kuat dan agung, ia pantas mendapat julukan "si raja rimba".
Kurang pasnya, singa sebenarnya tidaklah hidup di rimba, melainkan di sabana. Kalau habitatnya saja tidak di rimba, bagaimana mungkin ia menjadi raja rimba. Tapi, julukan itu memang bukan masalah pas dan tidak pas. Namanya saja julukan, tidak harus pas dengan sebenarnya.
     Singa termasuk dalam keluarga kucing. Ia sangat buas. Ekor singa memiliki panjang kira-kira satu meter, panjang badannya kira-kira 3 meter, dan beratnya sekitar 230 kilogram.
     Singa jantan memiliki surai. Rambut-rambut lembut ini mengelilingi wajahnya, menutupi bagian belakang kepala, leher, serta bahunya, dan memanjang dari dada hingga perutnya. Surai ini membuat penampilan singa semakin berwibawa. Surai juga menjadikan singa jantan tampak jauh lebih kuat dan lebih mengesankan dari yang sebenarnya.
     Singa menghabiskan seluruh harinya untuk berbaring atau tidur dibawah naungan batu0batu atau pohon, dan ia bangun di malam hari untuk berburu. Singa memiliki penglihatan yang sangat tajam pada malam hari. Ia dapat melihat mangsanya dengan mudah. Terdapat rancangan khusus pada mata singa yang menyebabkannya dapat mengumpulkan cahaya sebanyak-banyaknya. Pupil dan lensa matanya relatif lebih besar daripada mata binatang lain, sehingga singa menjadi pemburu hebat di dunia satwa.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!