Manfaat Sarapan


     

     Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan sebelum jam 9 pagi. Sarapan itu sangat penting, loh! Terutama bagi anak-anak. Ini manfaat sarapan menurut tiga orang ahli!

Gizi Terpenuhi 
     Prof. Hardinsyah adalah seorang Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat IPB. Menurut Prof. Hardinsyah, usia 7-13 tahun adalah masa pertumbuhan kedua setelah masa balita. Pada masa ini, jika seorang anak makan makanan yang baik dan seimbang, anak itu akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan sarapan, 15-30% kebutuhan gizi harian kita terpenuhi.

Daya Ingat Lebih Baik
     Dr. Soedjatmiko SpA(K), MSi, adalah konsultan ahli tumbuh kembang anak. Menurutnya, sejak jam 6 pagi, kita mulai sibuk melakukan banyak hal. Karena itu, kita harus makan sarapan bergizi agar mendapatkan energi dan nutrisi yang diperlukan untuk menjalani kegiatan itu.
     Dari hasil penelitian, rata-rata siswa yang sarapan, prestasinya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak sarapan. Berarti ada kaitannya antara sarapan dengan daya ingat. Anak yang sarapan, daya ingatnya jauh lebih baik.



Lebih Mudah Bergaul
     Ibu Roslina Verauli adalah seorang psikolog. Menurutnya, sarapan mengajarkan kita untuk hidup disiplin dan teratur. Kebiasaan sarapan sambil bercakap dengan keluarga, membuat kita mudah berteman di sekolah. Sekolah jadi menyenangkan.
     Ternyata, manfaat sarapan banyak sekali. Sayangnya, banyak orang tidak suka sarapan. Aalasannya macam-macam. Ada yang takut kesiangan sekolah. Ada juga yang merasa tidak berselera makan di pagi hari.

Oleh karena itu biasakanlah untuk sarapan ^^ Nah bagi para ortu biasakanlah anak untuk sarapan di pagi hari agar mereka dapat berkembang dengan baik dan berprestasi.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!