PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Warna-Warni Keraton Kasepuhan


Inilah keraton tertua di Cirebon. Selain kaya sejarah, keraton ini memiliki banyak nilai budaya.

Keraton Kakak
     Dulu, Cirebon sebenarnya hanya memiliki satu keraton. Namanya Keraton Pakungwati. Pendirinya adalah Pangeran Walangsungsang atau Cakrabuana, putra Prabu Siliwangi. Keraton Pakungwati bertahan hingga masa pemerintahan Panembahan Girilaya. Setelah itu, keraton ini terpecah menjadi Keraton Kasepuhan dan Kanoman.
     Keraton Kasepuhan didiami oleh putra sulung Panembahan Girilaya. Itulah kenapa disebut kasepuhan. Berasal dari kata sepuh, yang berarti tua. Sedangkan Keraton Kanoman dipimpin oleh putra keduanya. Kanoman berasal dari dari kata anom, berarti muda. Konon, pecahnya Keraton Cirebon tak lepas dari campur tangan Belanda yang tidak ingin Cirebon bersatu dan menjdai kuat.




Bangunan utama yang sudah berumur ratusan tahun

Bermakna Tinggi
     Banyak bagian bangunan Keraton Kasepuhan dibuat dengan arti tertentu. Misalnya, ada relief ukiran kayu yang bernama Kembang Kanigaran. Artinya bunga bangsa. Relief itu mengandung beberapa motif. Salah satunya buah manggis. Buah manggis menggambarkan kejujuran. Jika kita lihat bagian bawah buah, akan tampak seperti mahkota. Jika jumlah mahkota yang tampak di luar 5, maka isi buah manggis pasti 5. Bahkan, bagian dalamnya lebih baik. Sebab, meskipun kulitnya hitam, tetapi daging buahnya putih.



Ruang utama keraton tempat pertemuan sultan dengan para pembesar keraton.


Kaya Budaya
     Keraton Kasepuhan kaya warna budaya. Kita dapat melihatnya dari bentuk bangunannya yang unik. Misalnya, pendopo di bagian depan keraton dibangun dengan bata merah. Bentuknya mirip candi-candi Hindu pada masa Majapahit. Bangunan utamanya berbentuk limasan, seperti umumnya arsitektur Jawa. Sedangkan hiasan-hiasan keramik menunjukan adanya pengaruh buadaya Tionghoa.



Koleksi benda-benda pusaka di museum keraton.

Mudah Dijangkau
     Keraton Kasepuhan terletak di Jalan Keraton No.43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Lokasinya terletak di kota dan mudah dijangkau. Keraton ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional. Bahkan, pada hari-hari libur nasional, keraton ini kebanjiran pengunjung.

     Keraton Kasepuhan merupakan warisan Cirebon yang berharga. Sejarah dan budayanya mengandung banyak pelajaran didalamnya ^^

0 komentar:

Post a Comment

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

Komentar yang berbau SARA, Promosi Barang/Jasa, ataupun Konten Dewasa akan langsung di hapus oleh admin.