Candi di Awan, Candi Sukuh



Candi ini diselimuti hawa dingin pegunungan. Kabut tipis bergerak pelan disekitarnya. Bahkan, awan di kejauhan pun tampak melayang sejajar dengan candi ini.
Candi Sukuh
     Candi di awan ini bernama Sukuh. Letaknya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini berdiri di lereng barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut. Karena itulah, hawa di sekitar candi ini cukup dingin.
     Dari Surakarta, kita dapat mengambil jurusan ke Karanganyar. Lalu, ambil jurusan ke Desa Karangpandan. Kemudian, sekitar 1 kilometer dari Terminal Kemuning, ada pertigaan, ambil arah ke timur. Candi Sukuh terletak sekitar 12 kilometer dari sana. Perjalanan menuju lokasi ini juga menyenangkan. Banyak pemandangan indah dan jalan berkelok yang tidak membosankan.


Candi Sukuh mirip bangunan Suku Maya di Mexico.

Candi yang Beda
     Candi Sukuh ditemukan oleh Johnson, residen Surakarta, pada tahun 1815. Saat ditemukan, candi ini dalam keadaan runtuh. Konon, candi ini selesai dibangun sekitar tahun 1359 Saka atau tahun 1437 M. Candi Sukuh termasuk candi tua.
     Sebagian peneliti berpendapat bahwa candi ini masih terpengaruh arsitektur sebelum masa Hindhu. Alasannya, bentuk candi ini berbeda dari umumnya candi Hindhu di Jawa Tengah. Arsitektur Candi Sukuh dianggap tidak sesuai dari ketentuan kitab Wastu Widya. Yakni, kitab yang berisi pedoman pembuatan bangunan suci Hindhu. Bangunan yang dianggap paling suci di Candi Sukuh diletakan paling belakang. Bentukanya trapesium dengan punden berundak. Candi Sukuh justru lebih menyerupai candi kuno Suku Maya di Mexico dari pada candi Hindhu.


Banyak arca candi yang ditemukan sudah tidak utuh lagi.

Dipugar Dua Kali
     Candi Sukuh pernah dipugar dua kali. Pertama, dilakukan oleh Dinas Purbakala Belanda pada tahun 1917. Lalu, dipugar lagi pada tahun 1970-an oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Lokasinya yang tenang dan sejuk, membuat Candi Sukuh menjadi salah satu objek wisata andalan di Karanganyar.


Inilah gerbang Candi Sukuh. Dari sini, pemandangannya akan membuat kalian merasa seperti di Negeri Awan :D

     Jika kalian mengunjunginya, cobalah untuk duduk di puncak punden berundaknya. Lalu, padanglah gumpalan awan yang melayang jauh di depan. Rasanya, kita berada di negeri awan haha, sungguh pemandangan yang menakjubkan. ^^

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!