Keliling Dunia: Angkor Wat



Candi ini terletak di daerah Angkor, di dekat kota Siem Reap, Kamboja. Namanya Angkor Wat. Angkor, dalam bahasa Sansekerta, berarti "negara." Wat dalam bahasa Khmer berarti "candi."


Candi Terbesar di ASEAN
     
Angkor Wat termasuk candi terbesar di ASEAN. Luasnya 1.500 m x 1.300 m. Tingginya 65 meter. Yang paling terkenal dari candi ini adalah hiasan bidadari kahyangan (apsara). Terdapat lebih dari 300 apsara di candi ini, dengan 30 macam gaya.
     Di dinding candi ini, terdapat juga relief sepanjang 800 meter. Relief-relief ini bercerita tentang Surga dan Neraka, Para Prajurit Raja Suryavarman II, Pertempuran antara Dewa dan Iblis, dan kisah lainnya.

Apsara di Angkor Wat


Candi Hindu dan Buddha
     Pembangunan candi Angkor Wat memakan waktu 30 tahun, lo. Mulainya saat pemerintahan Raja Suryavarman II pada abad 12. Candi ini dibangun menurut kepercayaan Hindu. Menara untamanya melambangkan gunung Mahameru, tempat tinggal para dewa. Dinding-dinding luarnya melambangkan pegunungan yang melingkari dunia. Parit-parit besar (baray) yang mengelilingi candi ini, melambangkan samudera.
     Pada tahun 1150, Raha Dharanindravarman II yang beragama Buddha, naik tahta. Tradisi agama Hindu pun putus. Itu sebabnya, di dalam Angkor Wat juga terdapat patung-patung Buddha.

Inilah kompleks Angkor Wat yang difoto dari udara. Parit nya simetris sekali ya! Disekelilingnya ditumbuhi pepohonan yang hijau. Indah ya sobat ^^


Angkor Archaeological Park
     Angkor Wat terdapat di dalam taman Angkor Archaeological Park. Luas taman ini kira-kira 400 hektar. Di sini, terdapat lebih dari 100 candi. Angkor Wat adalah candi utamanya. Selain Angkor Wat, terdapat juga candi Bayon, Ta Phrom, Banteay Srei, dan lainnya. Untuk mengelilingi tempat seluas ini, wisatawan bisa menyewa motor, tuk-tuk, bahkan balon udara atau helikopter! Wah mengasyikan sekali ya! ^^

Inilah Ta Phrom, ciri khasnya yaitu akar-akar pohon yang menjalar di tembok-tembok bangunan tersebut. Ditambah lagi pepohonan yang rindang. Wah wah ^^

Situs Warisan Dunia
     Tahun 1992, UNESCO menetapkan Angkor Archaeological Park ini sebagai Situs Warisan Dunia. Kompleks ini kini dilindungi dan dipugar. Tiket masuk ke Angkor Arvhaeological Park ini, dipakai untuk mebiayai pemugaran. Harga tiketnya berkisar 20 US$ sampai 60 US$.
     Oh iya, saat pembelian tiket, kita akan difoto. Jadi, di tiket itu ada foto kita. Wkwkwk keren juga. :D

Kapan-kapan kalian main dong kesana wkwk ^^

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!