Lokasi Candi Borobudur


Candi yang cantik nan megah ini menjulang tinggi diatas sebuah bukit, sampai-sampai candi ini juga dakui sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia,wow *_* yoo kita cari tau dimana lokasinya dan seperti apa daerah sekitarnya.

     Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi ini dari kota Magelang terletak disebelah selatan, kurang lebih 15km dalam jarak lurus. Dataran Kedu yang berbukit, hampir seluruhnya dilingkari pegunungan. Gunung yang melingkari candi Borobudur antara lain    : sebelah timur terdapat gunung Merbabu dan gunung Merapi, barat laut gunung Sumbing dan gunung Sindoro, dari keempat gunung tersebut hanya gunung Merapi yang masih aktif sebagai gunung berapi. Di sebelah utara terdapat gunung Tidar, walaupun tidak sebesar gunung tersebut diatas naman gunung ini terkenal dengan sebutan "Pakuning Tanah Jowo". Sedang sebelah selatan terdapat pegunungan Menoreh, bila dilihat dari candi Borobudur, puncak-puncak yang menjulang tinggi, nampak serupa dengan seseorang yang sedang tidur terlentang membujur dari timur ke barat. Lekukan-lekukan pegunungan itu seolah menggambarkan kepala lengkap dengan hidung, bibir dan dagu juga bagian perut sampai kaki, Karena keadaan seperti itulah maka cerita rakyat berkembang bahwa yang sedang tidur terlentang itu adalah GUNADHARMA, yaitu ahli bangunan yang menurut kepercayaan telah berhasil menciptakan candi Borobudur dan menjaganya sambil mengawasi ciptaannya dari masa ke masa.

Di sebelah timur candi Borobudur terdapat candi Pawon dan candi Mendud.
Candi Pawon, mempunyai bilik, didalamnya tak terdapat datu patungpun juga tidak diketahui Dewa siapa yang dipuja. Oleh karena itu tidak dapat dipastikan apa fungsi candi Pawon dalam hubungannya dengan candi Borobudur. Dimungkinkan candi Pawon sebagai tempat istirahat dalam perjalanan ziarah, karena letak candi ini antara candi Mendud dan candi Borobudur.

Candi Mendud, sebagai tempat pemujaan. Didalam bilik terdapat sebuah patung Budha (besar) yang menggambarkan sang Buddha sedang duduk di atas singgasana, sikap tangan menggambarkan saat ia pertama kali memberikan wejangan di taman Rusa. Patung tersebut diapit oleh pengiringnya yakni AWALOKITESWARA dan WAJRAPANI.

Candi Borobudur terletak paling barat diantara tiga candi tersebut.


Denah candi Borobudur, lengkap dengan posisi stupa yang berada pada teras I, II, III, serta dinding lankan tingkat I - V dan juga gapura serta tangga naik/turun pada ke empat sisinya (timur, selatan, barat dan utara)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!