Kerbau Suka Menghadap ke Arah Utara?


Kalian tentu sudah familiar dengan binatang ternak seperti sapi dan kerbau. Karena, binatang ternak itu banyak dipelihara oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan, dan dagingnya juga lezat dan banyak dijual di pasar.

Tahukah kalian bahwa ada fakta unik pada kebiasaan hewan bertanduk itu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli binatang dari University of Duisburg Essen Jerman, Swabine Begall, menunjukan ternyata kerbau suka berdiri menghadap utara. Menggunakan foto satelit dari Google Earth, ia mengamati 8.510 kerbau di 308 lokasi yang berbeda. Ia juga mengawasi kawanan rusa di Republik Cekoslovakia. Hasilnya sama, kawanan binatang itu juga suka memandang ke arah utara. Tak peduli angin, panas, hujan, siang atau malam, tetap saja utara menjadi arah favorit kerbau.

Mengapa  bisa sepert itu? Para ahli menduga jika hewan menyusui itu memiliki kemampuan untuk merasakan posisi magnet bumi. Memang, bumi memiliki dua pusat magnet, yakni di kutub utara dan selatan. Fenomena alam itu dimanfaatkan untuk menunjuk arah menggunakan alat yang disebut dengan kompas.
Hewan-hewan tersebut menggunakan arah utara sebagai acuan posisi awal. Selanjutnya, ia bergerak menggunakan acuan tersebut. Dengan demikian, mereka tak tersesat saat menempuh perjalanan.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!