Benarkah Kuda Bisa Tidur dengan Berdiri?


Hello ^^ Apa Kabar? Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan binatang yang satu ini kan? Binatang yang bernama kuda. Binatang ini sering digunakan untuk menarik delman atau dokar. Apakah kalian pernah menaikinya? Pernah atau tidak pernah, kalian pasti tahu bahwa kuda memiliki sisi keunikan yang menakjubkan. Di antaranya, kuda bisa tidur sambil berdiri. Kok bisa? Apakah tidak terjatuh?
Rahasianya ternyata terletak pada tulang kaki kuda. Tulang kaki kuda memiliki kemampuan untuk "Mengunci" selama tidur. Berkat kemampuannya itu, kuda dapat tidur sambil berdiri tanpa terjatuh, dan juga mampu membawa beban berat. Sementara itu, kepala manusia terkulai jika ia tertidur diatas kursi.
Kaki kuda diciptakan tidak hanya untuk dapat membawa beban berat, tetapi juga untuk berlari cepat. Tidak seperti binatang-binatang yang lainnya, kuda tidak memiliki tulang selangka, suatu ciri yang memungkinkan mereka melangkah lebih lebar. Selain itu, terdapat mekanisme pada tulang dan otot kaki mereka yang menurunkan jumlah tenaga yang dikeluarkan ketika mereka berlari semakin cepat dan meningkatkan kemampuan bergerak.
Fungsi mekanisme ini mirip dengan gigi persneling pada mobil. Seperti mobil yang beralih pada persneling lebih tinggi ketika semakin kencang, kuda pun beralih pada "persneling" lebih tinggi jika ingin berlari cepat. Saat tenaga yang diperlukan untuk mendorong menurun, maka kemampuan geraknya meningkat, Menakjubkan sekali yaa sobat blogger! ^^

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!