Apa Fungsi Tanduk Pada Rusa?

 
Rusa adalah salah satu binatang bertanduk. Kecuali rusa kutub, umumnya hanya rusa jantan yang memiliki tanduk. Saat musim kawin tiba, tanduk-tanduk ini tanggal, dan diperbaharui oleh tanduk lain yang tumbuh dari bawahnya.

     Ketika tumbuh, tanduk tertutup oleh lapisan kulit tipis seperti beludru. Saat tanduk tumbuh sempurna, uratnya terputus sehingga tidak dapat lagi memberi makan bagi lapisan kulit tersebut. Pada tahap ini, rusa mencopot kulitnya dengan cara menggosokan tanduknya pada benda keras, sehingga struktur tulang muncul. Setelah berumur enam tahun, tanduknya telah tumbuh sempurna. Setelah itu, tanduk rusa perlahan-lahan rusak. Panjang, bentuk, dan jumlah cabang tanduk rusa berbeda-beda antara satu dengan yang lain.
 
     Barangkali, kalian bertanya-tanya mengapa rusa memiliki tanduk? Apa kegunaan dari tanduk tersebut? Tanduk merupakan senjata penting bagi rusa. Dengan tanduknya, mereka menjaga diri dari serangan musuh. Kadang-kadang, hanya dengan melihat tanduknya, seekor pemangsa akan meninggalkan rusa seorang diri alias kabur.
     Rusa merah jantan membuat suatu batas di sekeliling wilayahnya dengan melumurkan zat yang berasal dari kelenjar baunya. Dalam wilayah ini, ia membentuk kawanan yang terdiri atas rusa betina. Ia menjaga kawanannya dari musuh dengan tanduknya. Jika aa makhluk asing masuk ke wilayahnya, ia mendorongnya keluar dengan aumannya, atau menyeruduknya dengan tanduk. Hebat, ya!

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!