Apa Fungsi Kantong pada Kanguru?

Tahukah kalian, binatang apa yang memiliki kantong? Ya, benar, kanguru. Kanguru memilik kantong pada perutnya. Lalu, apa fungsi kantongnya itu? Kantong itu berfungsi sebagai tempat bagi bayi kanguru untuk makan dan berlindung selama mereka tumbuh.

     Pemandangan bayi kanguru yang kepalanya muncul dari kantong induknya membangkitkan rasa sayang dalam diri kita. Bayi ini keluar dari rahim induknya ketika baru satu sentimeter panjangnya dan belum tumbuh secara sempurna, kemudian mencapai kantong ibunya setelah tiga menit perjalanan.
     Terdapat empat macam puting dalam kantong induk kanguru. Bayi kanguru yang baru lahir mengisap puting yang berisi susu dengan suhu dan jumlah lemak yang tepat bagi bayi baru lahir. Tiga puting lainnya berisi air susu yang dibutuhkan oleh bayi kanguru yang lebih tua. Dalam beberapa minggu, bayi kanguru tersebut berhenti mengiisap putingnya dan mengisap puting lain yang berisi air susu yang dipersiapkan untuk keperluannya. Saat ia bertambah umurnya, ia mengisap puting ketiga yang berisi air susu yang sesuai dengan keperluannya.
     Bayi kanguru menghabiskan enam setengah bulan pertamanya dalam kantong ini. Setelah menghabiskan delapan bulan berikutnya di dalam dan diluar kantong, ia meninggalkan kantong induknya untuk seterusnya.
     Kanguru sungguh menakjubkan dengan tubuh besarnya; panjang tubuhnya 1,5 meter dan panjang ekornya satu meter. Berkat kaki belakangnya yang panjang, kanguru dapat menempuh jarak delapan meter dalam satu detik. Saat berlari, mereka menjaga keseimbangan dengan ekornya yang besar dan kuat.
Hebat sekali!

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!