31 Foto Sejarah yang Mencengangkan yang Harus Kamu Lihat

31 Foto Sejarah yang Mencengangkan yang Harus Kamu Lihat

32 Foto Sejarah yang Mencengangkan yang Harus Kamu Lihat - Yup guys kali ini saya bakalan share foto-foto sejarah yang cukup mencengangkan. Selain itu mungkin foto-foto sejarah ini belum kamu lihat sebelumnya. Langsung intip aja ^^

The Most Beautiful Suicide
"The Most  Beautiful Suicide" - Evelyn McHale, 1947
Pada tanggal 1 Mei, 1947. Seorang wanita berumur 23 tahun, Evelyn McHale melompat dari atas gedung Empire State. Tubuhnya mendarat diatas mobil limousine United Nations yang berada ribuan kaki dibawahnya. Merusak atap dari mobil tersebut dan mengejutkan para pejalan kaki. Aksi bunuh diri tersebut dijuluki "The Most Beautiful Suicide" karena dia mendarat seakan akan sedang berpose dengan indah.

Seorang pria menolak untuk melakukan "Sieg Heil" pada saat konvoi Nazi, 1936
Secara mengejutkan seorang pria menolak untuk melakukan hormat ala Nazi "Sieg Heil" pada saat melintas nya konvoi Nazi yang dihadiri oleh pemimpin Nazi itu sendiri, Adolf Hitler. Setelah ditelusuri ternyata pria itu bernama August Landmesser, seorang pekerja di salah satu galangan kapal di Jerman. Alasan dia menolak melakukan hormat  karena dia tidak menyukai sikap Nazi terhadap orang Yahudi, ini dikarenakan istirnya yaitu Irma Eckler adalah seorang Yahudi juga. Setelah diketahui oleh pihak Nazi dia langsung dijebloskan ke penjara. Setelah itu dia ditarik menjadi tentara dan meninggal dalam pertempuran.


Albert Einstein's Office
Ruang kerja Albert Einstein
Inilah foto dari ruang kerja seorang Alber Einstein. Foto ini diambil di hari dimana ia meninggal.

 Charles Godefroy melintasi Arc de Triomphe, 1919
 Pada saat parade perayaan berakhirnya perang dunia ke 1 di Paris pada tahun 1919 para komandan menyuruh para pilot untuk ikut parade dan berjalan seperti prajurit pasukan darat. Namun mereka yang menganggap diri mereka "Pahlawan Udara" merencanakan sesuatu yang lain yaitu melintasi Arc de Triomphe. Disuatu bar berkumpulah para pilot ini dan terpilih lah pilot beranama Navarre karena ia yang paling banyak menang dalam pertempuran sehingga layak untuk melakukan hal tersebut. Namun sayang pada tanggal 10 Juli dia tewas dalam pelatihan penerbangan. Godefrey yang merasa dirinya cukup berpengalaman dengan total jam terbang 500 jam menggantikan Navarre dan melakukan aksi tersebut 3 minggu setelah parade. Aksi tersebut sangat kontroversional karena rencananya tidak diketahui oleh pihak manapun, Aksinya sempat mengeutkan semua orang yang berada di sekitar Arc de Triomphe.

Seekor kuda nil sirkus yang menarik kereta, 1924
 Foto absurd ini dipotret pada tahun 1924. Seekor kuda nil sirkus menarik sebuah kereta layaknya delman/kereta kuda. Entah apa esensinya pria tersebut menjadikan kuda nil untuk menarik kereta.

Pembangunan tembok Berlin, 1961
Pembangunan tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur. Dibangun oleh German Democratic Republic (GDR) dari Jerman Timur.

Pembangunan menara Eiffel, 1888
Pembangunan menara Eiffel untuk dijadikan pemancar radio. Sebelum terkenal seperti sekarang, menara eiffel ini sempat menjadi cemoohan terutama di kalangan seniman Paris pada saat pertama kali dibuat karena dianggap mengganggu pemandangan.

Pembangunan patung Liberty, 1884
 Hiruk pikuk pembangunan patung Liberty pada tahun 1884

Penghancuran tembok berlin, 1989

Adolf Hitler pada saat umur 11 tahun.
Bocah yang berada ditengah tersebut masih sangat polos dan tidak diduga nantinya akan menjadi pemimpin dari pembunuhan masal orang-orang Yahudi dan berperan aktif dalam Perang Dunia.

Showcasing Volkswagen Beetle, 1935
 Ferdinand Porsche sedang memperlihatkan (showcasing) model miniatur dari Volkswagen Beetle kepada Adolf Hitler pada tahun 1935. Hitler terlihat sangat bahagia :D

Smiling to the firing squad
 Georges Blind, anggota dari French resistance tersenyum pada saat akan di eksekusi oleh tentara Jerman pada tahun 1944

Hidenburg Disaster, 6 Mei 1937
 Balon udara penumpang jerman "LZ 129 Hidenburg" terbakar dan terjatuh pada saat akan mendarat di sebuah stasiun udara di New Jersey, Amerika Serikat. Dari total 97 orang penumpang dan awak kapal, 35 orang diantaranya meninggal termasuk satu orang pekerja yang berada di darat sehingga total menjadi 36 orang.

Bunker Hitler
Foto diatas merupakan keadaan didalam bunker (tempat berlindung) dari pemimpin Nazi, yaitu Adolf Hitler.
Tur rombongan Adolf Hitler
Satu hari setelah Prancis menandatangai The Armistice (Persetujuan gencatan senjata) dengan Jerman pada bulan Juni 1940, Adolf Hitler merayakannya dengan berkeliling kota bersama para petinggi militernya. Dalam foto tersebut entah kenapa tanpa disengaja seakan akan hitler dan kawan kawannya sedang berpose candid :D. Mungkin itu yang menjadikan foto ini menjadi salah satu dari sekian foto ikonik pada tahun 1940an dan Perang Dunia ke 2. Hari itu adalah hari pertama dan terakhir kalinya Hitler mengunjungi Paris.

Pemilik hotel menumpahkan cairan asam.
Foto rasis tersebut diambil pada tahun 1964. Sang pemilik hotel tersebut menumpahkan cairan asam ke kolam renang yang isinya merupakan orang berkulit hitam. Entah karena ia tidak suka atau benci atau bagaimana saya kurang tahu. Karena didalamnya ternyata ada orang kulit putih juga yang sepertinya berusaha membantu. Ekspresi wajah mereka terlihat seperti kesakitan.

Last prisoners of Alcatraz leaving, 1963
Foto tersebut merupakan foto pada saat para narapidana terakhir yang dikeluarkan dari penjara Alcatraz. Pulau Alcatraz sendiri dahulunya merupakan benteng pertahanan militer Amerika Serikat yang kemudian menjadi penjara dan sekarang telah menjadi situs sejarah yang dikelola oleh National Park Service dan menjadi bagian dari Area Rekreasi Nasional Golden Gate.

Little girl siiting in front of her bombed home, 1940
Foto ironis tersebut diambil pada tahun 1940 ketika seorang bocah perempuan yang sedang memeluk bonekanya duduk tepat didepan reruntuhan rumahnya yang telah hancur setelah terjadinya pengeboman di London.

Martin Luther King with his son
Yup, Martin Luther King seseorang yang bergerak di bidang kemanusiaan yang seingat saya terkenal akan pidatonya "I have a dream....". Dalam foto tersebut adalam momen ketika beliau bersama anak laki-lakinya mencabut salib yang telah dibakar di halaman depan rumahnya.

Nagasaki
Foto diatas adalah keadaan dari kota Nagasaki 20 menit setelah dijatuhkannya bom atom oleh Amerika Serikat. Terlihat masih sangat jelas sekali kumpulan asap dari ledakan bom tersebut.

Raising a flag over the Reichstag, Berlin 1945
2 orang tentara, Meliton Kantaria dan Mikhail Yegorov mengibarkan bendera Soviet di atas salah satu bangunan di Reichstag, Berlin. Foto tersebut diambil seusai Pertempuran Berlin pada tanggal 2 Mei 1945. Foto tersebut menjadi simbol kemenangan Soviet atas Nazi Jerman.

Testing of New Bulletproof vests, 1923
Foto yolo tersebut diambil pada tahun 1923. Uji coba rompi anti-peluru yang diujikan ke manusia. Gimana kalo ga berhasil ya :D

Art assembly line, New York, 1942
Para pelajar wanita ditugaskan untuk mengcopy poster propaganda Perang Dunia ke 2 di New York pada tahun 1942. Pada saat itu belum ada mesin fotocopy guys :D

The Beetles meet Muhammad Ali
Pelantun "Hey Jude" bertemu petinju professional dan aktivis Muhammad Ali.

ENIAC
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) adalah komputer yang pertama dan terbesar sepanjang sejarah. Fungsi ENIAC pertama kali adalah untuk mengitung jarak tembakan dari artillery. Didanai oleh tentara Amerika. ENIAC sendiri diciptakan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania. dan menghabiskan dana sebesar $487.000 yang setara dengan $6.816.000 di masa sekarang. Sekitar 91 M jika dalam rupiah :D

Machu Picchu, 1912
Foto diatas merupakan foto pertama saat penemuan Machu Picchu pada tahun 1912 di Peru. Machu Picchu sendiri adalah salah satu bukti peradaban dari suku Inca.

The Last Jew of Vinnitsa
The Last Jew of Vinnitsa, 1941
Sebuah foto dari album personal tentara Einsatzgruppen, yang dibelakangnya diberi label "Last Jew of Vinnista". Bisa dilihat di foto seorang tentara Einsatzgruppen yang hendak menarik pelatuk tepat di kepala seorang Yahudi sebelum mengisi kuburan masal yang ada di bawahnya, di kota Vinnitsa, Ukraina. Seluruh Yahudi di Vinnitsa yang berjumlah 28.000 orang dibantai seluruhnya. Einsatzgruppen sendiri adalah Pasukan Kematian dari tentara Nazi Jerman yang bertanggung jawab atas pembataian masal orang Yahudi pada Perang Dunia ke 2.

The Last Known Picture of Adolf Hitler, 1945
Foto yang di klaim sebagai foto terakhir yang ambil kira-kira 2 hari sebelum meninggalnya Adolf Hitler, tanggal 30 April 1945. Hitler terlihat sedang berada di luar Bunker nya dan melihat-lihat sisa sisa kerusakan akibat bom.

Lonodon sky, 1940
Keadaan di atas adalah langit kota London pada saat perang antara pesawat Inggris dan Jerman pada tahun 1940.

"War Is Hell"
Saat perang Vietnam, 18 Juni 1965. Anggota Airbone Brigade Battalion ke-172, Larry Wayne Chaffin tersenyum ke kamera. Di helm nya ia menulis slogan "War Is Hell" menunjukan kepada dunia betapa mengerikannya keadaan di medan perang.

Seorang wanita membawa kereta bayi anti gas.
Foto diatas diambil di Inggris pada tahun 1938. Dimana pada saat itu yang paling ditakuti oleh orang-orang adalah bom gas beracun. Terlihat seorang wanita memakai Gas Mask dan uniknya ia membawa Pram (kereta bayi) yang resisten terhadap gas juga :D

Sekian "31 Foto Sejarah yang Mencengangkan yang Harus Kamu Lihat" jika dirasa bermanfaat silahkan di share. Thx.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!