Negeri Panas Bumi Rotorua


Negeri Panas Bumi Rotorua - Rotorua adalah kota kecil di negara New Zealand. Di tempat tinggal orang Maori ini, terdapat kuali lumpur raksasa dan kuali lumpur mendidih. Wuih, apaan tuh? Penasaran? Baca lebih lanjut...

Negeri Panas Bumi
     Rotorua terletak di daerah rangkaian gunung berapi. Gunung berapi itu ada yang terbuka sehingga panas perut Bumi keluar. Saking panasnya, kolam air diatasnya menjadi mendidih. Jika dilihat dari udara, kolam air raksasa itu mirip kuali berisi air mendidih yang indah. Di beberapa tempat, air mendidih tersebut kadang menyembur seperti air mancur. Bisa dibilang, Rotorua adalah kota panas bumi yang sangat indah.

Air mancur mendidih

Panci Rebus Alami
     Penduduk Maori sudah tinggal di Rotorua sejak 600 tahun yang lalu. Sejak dulu, orang Maori memanfaatkan kuali air mendidih raksasa sebagai alat masak. Orang Maori biasa merebus telur, jagung, dan ubi langsung di kuali alami tersebut. Wah, jagung dan telur rebus matang tanpa memerlukan bahan bakar seperti gas LPG atau minyak tanah hohoho. Rasa jagung dan telurnya tetap enak. Rasa enaknya sama dengan rasa jagung dan telur yang biasa dimasak oleh kta di atas kompor.

Merebus telur di kuali alami

Kolam Lumpur Indah
     Panas bumi di Rotorua bukan hanya menghasilkam kolam air mendidih. Di Rotorua juga ada kolam lumpur yang sangat besar. Letupan lumpur di kolam itu menghasilkan mozaik-mozaik bulat yang menarik para turis. Kolam lumpur menjadi tontonan yang menarik meskipun udara di sekitarnya terasa panas dan berbau belerang yang menyengat. Kuali dan kolam lumpur raksasa menjadi andalan pariwisata negeri New Zealand.

Mozaik berbentuk bulat pada kolam lumpur


Sekian postingan saya mengenai "Negeri Panas Bumi Rotorua". Berminatkah anda untuk mengunjunginya?

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!