50 Hantu Asal Indonesia


50 Hantu Asal Indonesia - Hantu adalah makhlus halus yang konon suka mengganggu manusia, menurut hasil percakapan para orang pintar, mereka mengganggu dengan alasan karena manusia mengganggu mereka duluan dan sering melewati tempat tinggal mereka tanpa permisi. Hantu biasanya berasal dari golongan jin yang iseng. Nah, berikut ini adalah 50 Hantu Asal Indonesia versi TareqiSensei yang paling populer dikalangan masyarakat yang mempercayainya.

  1. Kuntilanak
    Ini dia hantu yang paling populer di Indonesia. Hantu ini yang paling sering diajak main film. Konon katanya hantu ini adalah arwah perempuan yang meninggal karena keguguran. Penampakannya hampir muncul di berbagai tempat di Indonesia. Biasanya terlihat diatas pohon atau disekitar bangunan yang sepi. Kedatangannya ditandai dengan suara rintihan yang membuat merinding.
  1. Pocong
    Nah pocong tidak kalah oleh kuntilanak. Perwujudannya adalah sesosok mayat yang memakai kain kafan dan meloncat-loncat. Biasanya digambarkan dengan muka yang hancur dan hitam. Badannya masih kotor oleh tanah kuburan. Dan biasanya banyak belatung dan kelabang. Hantu ini eksis di film-film besar salah satunya Tali Pocong Perawan.
  2. Sundel Bolong
    Hantu ini sepertinya masih saudaraan sama kuntilanak. Biasanya kedatangannya ditandai dengan bau busuk yang sangat menyengat. Mukanya hancur dan sering menakut-nakuti dengan memperlihatkan punggungnya yang bolong dan berlumuran darah.
  3. Tuyul
    Tuyul adalah hantu dengan perwujudan anak kecil yang memiliki lengan yang panjang. Konon tuyul sering dipelihara dan dipakai untuk mencuri. Biasanya tuyul ini hanya memakai kain (seperti popok). Menurut kepercayaan masyarakat, jika kita mencukur habis alis kita maka kita dapat melihat wujud tuyul.
  4. Hantu Noni Belanda
    Indonesia memiliki banyak sekali peninggalan-peninggalan masa penjajahan Belanda termasuk bangunan-bangunan tua Belanda. Tidak sedikit orang yang katanya telah melihat hantu noni Belanda. Perwujudannya adalah wanita cantik yang memakai gaun khas eropa. Berjalan-jalan atau melayang-layang disekitar bangunan.
  5. Si Manis Jembatan Ancol
    Hantu yang satu ini berasal dari Jakarta. Perwujudannya adalah seorang wanita cantik yang memakai kerudung dan kebaya sambil membawa payung. Penampakannya sering terlihat disekitar Jembatan Ancol.
  6. Wewe Gombel
    Hantu yang berasal dari Jawa ini konon suka menculik anak kecil yang keluar rumah pada saat maghrib dan malam hari. Sebutan lain untuk wewe gombel adalah kalong wewe. Menurut kepercayaan masyarakat, jika ada anak kecil yang hilang maka masyarakat akan membuat tabuh-tabuhan sederhana dari peralatan dapur lalu mengelilingi desa. Jika wewe gombel menari maka anak akan terlepas dari pangkuannya.
  7. Gendruwo
    Gendruwo biasanya menggoda wanita, terutama istri yang sedang ditinggal suaminya keluar kota. Konon mereka bisa menjelma menyerupai suami si perempuan, dengan syarat memakai baju si suami. Menurut kepercayaanya setempat, gendruwo tinggal di pohon-pohon terutama pohon sawo.
  8. Hantu Jeruk Purut
    Hantu yang satu ini berasal dari Jakarta. Perwujudannya yang seorang pastur atau pendeta yang tidak memiliki kepala, biasanya ada yang sambil menaiki kuda. Penampakannya sering terlihat di sekitar pemakaman jeruk purut.
  9. Jurig Bonge
    Jurig bonge biasanya ada di daerah Jawa Barat terutama kota-kota dan desa yang terlintasi jalur kereta api. Perwujudannya tidak diketahui. Konon hantu ini sering menutupi telinga seseorang yang hendak melintas rel kereta sehingga tidak mendengar kereta lewat lalu tertabrak kereta.
  10. Jurig Jarian
    Yang satu ini masih berasal dari Jawa Barat. Perwujudannya tidak diketahui karena jarang menampakan dirinya. Konon hantu ini mendiami tempat-tempat yang sepi dan biasanya ditempat sampah lalu menggangu orang yang melewatinya.
  11. Jelangkung
    "Datang tak diundang, pulang tak diantar" itulah kata-kata yang biasanya muncul untuk menghidupkan Jelangkung. Jelangkung adalah arwah yang merasuki boneka batok kelapa atau boneka lainnya. Biasanya diapasangkan sebuah pensil atau alat tulis sehingga arwah itu dapat menjawab apa yang ditanyakan oleh si pemanggil. Namun konon jelangkung akan mendatangi setiap rumah yang memanggilnya dan menimbulkan petaka.
  12. Suster Ngesot
    Hantu yang satu ini mungkin hantu paling boyot di Indonesia. Perwujudannya adalah suster yang bermuka seram bergerak dengan mengesotkan badannya. Penampakannya di sekitar lorong rumah sakit. Entah kenapa bisa menjadi ngesot seperti itu, namun hantu ini juga sering eksis di berbagai film horror Indonesia.
  13. Suster Gepeng
    Setelah ngesot, ternyata suster juga ada yang gepeng. Konon perwujudannya adalah suster yang tubuhnya rusak, gepeng, dan berlumuran darah karena terjepit lift. Sering menghantui para petugas rumah sakit yang berjaga malam hari.
  14. Leak
    Hantu ini berasal dari Bali. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Leak merupakan penjelmaan para wanita yang menganut ilmu hitam. Perwujudannya yaitu kepala perempuan yang melayang-layang dan organ-organ tubuh yang terlihat. Konon leak ini sering memangsa bayi.
  15. KalapKalap adalah sesosok hantu penunggu sungai yang diyakini oleh masyarakat Jawa. Wujud hantu ini tidak diketahui. Konon hantu ini suka menarik dan menenggelamkan orang yang sedang berenang hingga hilang atau meninggal.
  16. Hantu Muka Rata
    Hantu ini juga terkadang eksis di film-film horror indonesia. Perwujudannya seperti kuntilanak namuk tidak memiliki mata, hidung dan mulut (muka rata)
  17. Jin Tomang
    Hantu ini berasal dari Jakarta. Perwujudannya yaitu perut buncit dan kepala botak. Suka mengganggu orang yang sedang lewat biasanya ditempat-tempat sepi.
  18. Jurig Papak
    Menurut kepercayaan masyarakat Jawa Barat, jurig papak berwujud tukang dagang biasanya nasi goreng atau tukang sate keliling tetapi ketika dilihat mukanya rata. Hantu ini juga terkadang eksis di film-film horror Indonesia salah satunya yaitu Hantu Rumah Pondok Indah. 
  19. Kuyang
    Hantu ini berwujud siluman kepala manusia dengan isi tubuh yang terlihat. Sepertinya wujud nya hampir sama dengan Leak dari Bali. Konon suka menghisap darah wanita yang baru melahirkan, yang masih menempel pada si bayi.
  20. Balum Bili
    Masyarakat Aceh percaya bahwa hantu ini penunggu sungai Krueng Arakundo di Aceh. Perwujudannya seperti kelambu. Suka mengganggu orang di sekitar sungai. Konon hantu ini takut dengan suara letusan senjata api.
  21. LelepahMenurut kepercayaan orang Jawa, perwujudan hantu ini yaitu berupa raksasa tapi tidak terlalu besar. Bermuka seram dan mata melotot. Konon suka memakan daging, termasuk daging manusia.
  22. Ndas GlundungNama lainnya yaitu Glundung Plecek atau Glundung Pringis. Berasal dari daerah Jawa. Penampakan hantu ini biasanya diawali seperti bunyi buah kelapa hatuh, tetapi sewaktu dilihat lagi ternyata sebuah kepala seram bermata merah dan meringis.
  23. MatianakMenurut kepercayaan masyarakat Bawean. Hantu ini berwujud perempuan berambut panjang, wajah pas-pasan, dan suara menyerampakan. (Seperti kuntilanak). Namun memiliki ciri khas yaitu hanya menggoda kaum pria.
  24. SuwanggiBerasal dari Papua. Perwujudannya yaitu sosok bayangan hitam yang sangat besar dan bermata merah. Suka menampakan dirinya ditempat-tempat yang gelap.
  25. Hantu Popo
    Berasal dari Sulawesi. Menurut kepercayaan orang bugis adalah hantu perempuan yang bisa terbang dan suka menghisap darah.
  26. Hantu Suluh
    Menurut kepercayaan masyarakat Kalimantan, Hantu ini wujudnya anak kecil usia 2-4 tahun, di jari telunjuknya menyala api seperti obor (seperti pengendali api). Konon suka memangsa ikan segar.
  27. Macan Putih
    Biasanya sebangsa jin. Wujud hantu ini berupa harimau berwarna putih (you dont say hehe) konon suka dijadikan sebagai penunggu atau penjaga rumah.
  28. Lampor
    Menurut kepercayaan orang Jawa. Lampor berwujud tinggi dan tidak mempunyai lutut. Kedatangannya membawa petaka. Konon di sebuah kampung mendadak orang-orang meninggal yang katanya gara-gara lampor. Untuk penangkalnya banyak orang yang tidur dilantai, agar tidak bisa disentuh oleh lampor. Dulu kisah lampor sempat meresahkan beberapa desa di Jawa.
  29. Hantu Belau
    Seperti anak umur lima tahun, namun wajah mereka terlihat tua. Berasal dari Kalimantan. Sering menyesatkan orang di hutan, dengan menyahuti panggilan mereka. Ketika didekati maka ia akan semakin menjauh dengan tetap menyahut. Sampai si pemanggil tersesai di tengah-tengah hutan.
  30. Uwil
    Hantu ini berasal dari Sulawesi. Menurut masyarakat disana, hantu ini berwujud laskar bugis jaman dahulu lengkap dengan pakaian adatnya.
  31. Setan Brontol
    Menurut kepercayaan masyarakat betawi, hantu ini muncul sebagai pertanda akan ada wabah penyakit cacar. Wujudnya seorang ibu-ibu yang menyebarkan beras kuning di sekeliling kampung. Dan apabila sengaja di tunggui maka dia akan menghilang.
  32. Hantu Casablanca
    Tempat ini lumayan terkenal di Jakarta. Menurut beberapa orang yang pernah melihatnya, katanya hantu ini berwujud seperti wanita berpakaian putih dan berambut panjang seperti kuntilanak. Sering muncul di sekitar terowongan Casablanca. Konon jika tidak ingin diganggu pengendara harus membunyikan klakson tiga kali.
  33. WelthokBerasal dari Surabaya. Bertubuh kecil. Konon dikepalanya yang tak bertempurung ada bara api. Suka mencari udang di sungai. Dan katanya udang yang akan dimakan ia bakar dulu di atas bara apinya. Sangat unik bung.
  34. Mbah JenggotMenurut kepercayaan masyarakat Jawa hantu ini adalah jin pesugihan berwujud kakek tua dan memiliki jenggot yang panjangnya sampai ke perut.
  35. Begu Ganjang
    Hantu ini berasal dari Sumatera Utara. Konon hantu ini bisa dipelihara untuk mencari kekayaan, dengan syarat mengorbankan nyawa manusia sebagai tumbal. Jika ada orang yang melihatnya maka tubuhnya akan semakin tinggi.
  36. Banaspati
    Berasal dari Jawa. Perwujudannya yaitu hantu yang berjalan dengan kedua tangan, dengan tubuh terbalik dan mulutnya mengeluarkan api. Hantu ini lumayan terkenal sehingga dijadikan nama untuk supporter tim sepak bola yang ada di Jawa.
  37. Reng Tua MalemMenurut masyarakat madura, wujud hantu ini seperti orang tua merokok dan berjalan di tengah malam. Rokoknya tidak pernah habis. Konon jika ada orang yang sanggup mengambil rokoknya bisa menjadi orang sakti. Ngomong-ngomong rokoknya merek apa ya...
  38. Jerangkong
    Hantu berwujud tulang belulang rangka manusia yang berjalan-jalan. Dan katanya suka menakut-nakuti orang.\
  39. BanyuMenurut kepercayaan masyarakat Samarinda. Hantu ini tinggalnya di sungai. Wujudnya bisa menjadi apa saja. Biasanya suka mengganggu atau menakuti orang yang sedang mandi di sungai.
  40. Hantu BengkekBerasal dari daerah Ketapang. Hantu ini berada di sungai. Berkepala botak dan tangannya panjang sebelah. Konon, untuk mengusirnya harus dilempari telur ayam kampung. Padahal telur ayam kampung mahal dan enak ya -_-
  41. Bis HantuKonon bis hantu ini dulunya bis yang mengalami kecelakaan. Korban bis ini biasanya orang yang tidak naik dari terminal. Jarak tempuh tujuan orang tersebut menjadi sangat singkat sekali. Korban sering kali seperti tertidur, dan tiba-tiba sudah sampai di tempat tujuan.
  42. Ohang PandakHantu ini pernah juga disamakan dengan bigfoot. Sering disebut juga Orang Pendek. Wujudnya menusia bertubuh kerdil. Konon menghuni gunung kerinci. Katanya beberapa petani pernah melihat penampakannya dan meninggalkan beberapa jejak kaki.
  43. Mak Lampir
    Penampakannya berwujud nenek-nenek berambut panjang dan membawa tongkat. Wajahnya sangat seram sekali.
  44. Nyai Roro KidulNyai Roro Kidul merupakan jin yang mendiami pantai selatan (Ratu Pantai Selatan). Banyak yang percaya dia berwujud wanita cantik memakai mahkota, dan juga menyerupai ombak besar. Konon dipantai selatan tidak boleh memakai baju berwara hijau. Menurut kesaksian orang yang pernah diculik olehnya, katanya dia di ajak menaiki kereta kencana di kerajaan laut oleh Nyai Roro Kidul. Korban bisa kembali dengan syarat tidak boleh mengunjungi pantai selatan lagi.
  45. Hantu Lahoru
    Berasal dari Nusa Tenggara. Hantu ini berwujud gadis yang sangat cantik yang ada di tempat yang bernama lahoru di Nusa Tenggara. Konon jika ada orang yang terpukau kecantikannya, maka dia akan tersesat disana.
  46. Hantu Tentara Baris
    Konon hantu ini adalah penjelmaan dari tentara-tentara yang tewas di medan perang. Bisa dari pasukan Belanda, Jepang, atau yang lainnya. Kedatangan mereka ditandai dengan suara hentakan kaki orang yang sedang berbaris. Dan katanya penampakannya hanya pada hari-hari tertentu yang berkenaan dengan sejarah pada masa itu.
  47. Hantu Bangsi
    Hantu wanita yang baru melahirkan. Biasanya ada di hutan-hutan Kalimantan. Dengan darah masih belepotan dan tali pusar bayinya yang masih menyambung dengan ibunya. Konon, hantu ini suka melemparkan bayinya ke korban lalu si bayi menghisap darah korban sampai mati.
  48. Tampakoro
    Berasal dari Sulawesi. Wujudnya perempuan yang sedang membawa dapo atau tungku tanah liat yang menyala di atas kepalanya. Ia berajalan dari satu sawah ke sawah lain, mencuri sumangenna atau spirit padi, kemudia membawa ke sawah milik tuannya.
  49. Si Ronda
    Menurut kepercayaan orang betawi, hantu ini berwujud macan betawi, kemunculannya sering mengganggu orang saat ronda.


\


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!