Warna-warni di Desa Trusmi


Dimana ada keraton, biasanya di situ berkembang seni batik. Cirebon, misalnya. Kota dengan dua keraton utama ini memiliki desa batik yang terkenal: Trusmi. Yuk kita cari tahu! ^^

Trusmi
     Trusmi adalah desa yang terletak di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Lokasinya sekitar 5 kilometer dari pusat kota Cirebon. Tidak sulit mencari desa ini. Sebab, Trusmi sudah menjadi salah satu tempat wisata andalan Kota Cirebon.


Rumah Batik
     Desa Trusmi memang pusatnya batik Cirebon. Selain toko, di sana juga banyak rumah tempat membuat batik. Ada lebih dari 1.000 orang bekerja di rumah-rumah pembuatan batik. Mereka tidak hanya berasal dari Trusmi, tetapi juga desa-desa sekitar, seperti Kalitengah, Kaliwulu, dan Wotgali.

Membutuhkan 3 bulan untuk membuat batik tulis yang indah.

Tak Hanya Belanja
     Selain belanja batik, kita juga dapat melihat proses pembuatan batik di Trusmi. Memang tidak semua toko batik mengizinkan pengunjung melongok dapur mereka. Tetapi, ada tempat tertentu yang mengizinkan kita melihat-lihat tempat pembuatan batiknya. Nah kita bisa menambah wawasan juga tuh haha.


Klasik dan Modern
     Koleksi batik di Desa Trusmi cukup lengkap. Mau cari motis klasik, ada. Motif klasik khas Cirebon yang terkenal antara lain Mega Mendung, Paksinaga Liman, dan Singa Barong. Sedangkan motif-motif baru tak terhitung jumlahnya. Kualitas kain batiknya pun beragam. Mulai harga puluhan ribu hingga ratusan ribu, semua tersedia di Trusmi.

Pergi ke Cirebon, tetapi tidak mampir ke Desa Trusmi? Hmm, rasanya kurang lengkap, deh. :D

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!