Ikan Daun dari Amazon


Daun-daun kering melayang di atas sungai. Tetapi, lihat deh dengan seksama! Sebenarnya itu adalah ikan! haha ^^

     Tak hanya bentuknya, gerakan ikan daun dari amazon ini benar-benar mirip daun-daun kering yang sudah mati. Ikan-ikan ini seperti tak berenang. Mereka hanya melayang-layang di dalam air. Gerakannya sangat lambat, dengan kepala menghadap ke bawah. Orang menyebutnya ikan daun dari Amazon atau Amazon leaf fish. Sesuai namanya, ikan daun ini banyak ditemukan di Sungai Amazon. Nama latinnya Monocirrhus polyacanthus.
     Meskipun hanya terlihat seperti daun kering yang melayang-layang, ikan daun Amazon termasuk ikan pemangsa, lo! Dia memangsa ikan-ikan dan hewan kecil di sekitarnya. Dia hanya mau memakan mangsa dalam keadaan hidup. Jika mangsa mendekat, tahu-tahu ikan ini membuka mulut, sehingga mangsanya akan tersedot masuk.


     Ikan daun bisa bertelur hingga 300 butir. Mereka menyembunyikan telur-telur itu di balik dedaunan. Ikan-ikan jantan akan menjaganya. Mereka mengipasi telur-telur itu dengan sirip dada untuk menyalurkan oksigen. Tak boleh ada ikan betina yang mendekat, meskipun itu adalah ikan pemilik telur-telur itu. Setelah telur-telur menetas, mereka harus segera dipisahkan menurut ukurannya. Kalau tidak, ikan-ikan yang berukuran besar bisa saja memangsa ikan yang lebih kecil.


     Meskipun hidup di Sungai Amazon yang ganas, para pecinta ikan juga banyak yang memelihara ikan daun ini di aquarium. Kamu juga kepingin? Ingat, ya, ikan-ikan ini suka cahaya yang redup dan tanaman air yang banyak sebagai tempat persembunyian. Tetapi, jangan sampai kamu keliru membuang karena mengiranya daun-daun kering wkwkwk :p

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!