Zaid Bin Sabit


Heyy sobat apa kabar? semoga kalian baik2 saja haha :D kali ini saya akan membahas mengenai sahabat Rasulullah SAW yang sangat berjasa dalam Islam. Apakah jasanya? :o sahabat Nabi ini berperan penting dalam penyusunan mushaf (lembaran) Al-Qur'an. Ia bernama Zaid Bin Sabit. Zaid merupakan sahabat Nabi dari kaum Anshar dan berasal dari suku Khazraj. Ia lahir di Madinah pada tahun 11 SH/611 M. Zaid masuk Islam pada tahun pertama Hijriah. Sejak muda, ia sudah hafal surah dan ayat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah. Ia diangkat menjadi sekretaris Nabi untuk menulis wahyu yang turun dan menulis surat-surat kepada orang Yahudi. Zaid juga dikenal ahli dalam ilmu Al-Qur'an, tafsir, hadis, dan fara'id (pembagian harta pusaka). Dengan keahliannya itu ia dijuluki "ulama masyarakat". Setelah Rasulullah SAW wafat, Zaid memegang peranan penting dalam urusan pemerintahan di Madinah. Zaid wafat di Madinah pada 45 H/665 M.

Penyusun Mushaf
Peran Zaid yang paling besar dalam sejarah adalah saat ia menjadi ketua panitia penyusun mushaf Al-Qur'an. Setelah Perang Yamamah (633 M/12 H), Abu Bakar, atas saran Umar bin Khattab, meminta Zaid melakukan penyusunan surah-surah dan ayat-ayat Al-Qur'an, karena Abu Bakar khawatir jika para sahabat yang hafal ayat-ayat Al-Qur'an lebih dulu wafat. Dalam melakukan tugas tersebut, Zaid berpegang pada dua prinsip, yaitu hafalan para sahabat, termasuk dirinya sendiri, dan tulisan ayat-ayat Al-Qur'an dari masa Nabi Muhammad SAW, yang ada di tangan para sahabat.

Ahli Tafsir dan Kiraah
Zaid juga dikenal sebagai ahli tafsir dan kiraah (cara membaca) Al-Qur'an, sejajar dengan Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud, Mu'az bin Jabal, dan Ubay bin Ka'b. Setelah Mu'az, Ubay, dan Ibnu Mas'ud wafat, Zaid dianggap sebagai imam tafsir dan kiraah. Khalifah Umar pun selalu menunjuknya sebagai imam Masjid Madinah, jika ia berhalangan. Selain itu, Zaid juga dikenal sebagai perawi hadis. Menurut kitab Sahihain (kitab hadis Imam Bukhari dan Muslim), terdapat 92 hadis yang diriwayatkan oleh Zaid.

Ahli Fikih dan Fara'id
Dalam bidang ilmu fikih dan fara'id, Zaid menduduki posisi penting di kalangan para sahabat. Khalifah Umar dan Usman memandangnya sebagai sahabat yang paling dipercaya dalam memberikan fatwa. Zaid memang menjabat sebagai mufti (ahli fatwa) Madinah pada masa mereka. Fatwa Zaid yang paling berpengaruh adalah dalam bidang fara'id. Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda, "Yang paling ahli dalam ilmu fara'id di antara kalian adalah Zaid bin Sabit" (HR. Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal). Pengaruh Zaid dalam bidang fara'id sangat dirasakan dalam beberapa mazhab, khususnya Syafi'i dan Hanbali.


Al-Qur'an yang kita kenal sekarang ini merupakan penyempurnaan dari kodifikasi Alqur'an yang dilakukan oleh Zaid bin Sabit dan para sahabat lainnya.


KADI MADINAH
Zaid pernah dipercaya untuk mengurus pemerintahan ketika Umar bin Khattab dan Usman bin Affan melaksanakan ibadah haji. Dia membuat daftar nama orang-orang yang akan duduk di dewan yang dibentuk Khalifah Umar. Zaid juga pernah mendampingi Umar saat menerima penyerahan pintu Yerusalem, dan diutus untuk menguus masalah harta rampasan perang setelah Perang Yarmuk (20 Agustus 636). Peran penting lainnya adalah saat ia diangkat menjadi kadi Madinah dan menteri keuangan pada masa pemerintahan Usman.

Sekian informasi mengenai sahabat Rasulullah SAW, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya ^^

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!