Pengertian Akhirat

Alam Akhirat adalah alam yang kekal dan abadi yang ada setelah terjadi kiamat, dan alam semesta ini dihancur-leburkan (Q.56:1-6). Akhirat (Ar.: al-akhirah) secara harfiah berarti "yang terakhir" atau "yang kemudian". Akhirat merupakan tempat Allah SWT memberikan balasan kepada para hamba-Nya atas segala perbuatan mereka selama di dunia.
Akhirat termasuk alam gaib yang tidak dapat dijangkau oleh akal manusia, tetapi kepercayaan kepada adanya akhirat menjadi bagian  penting pokok keimanan Islam. Percaya kepada akhirat merupakan salah satu tanda ketakwaan seseorang, dan mengingkarinya berarti kekufuran.

Hari Kiamat
Salah satu fase menuju alam akhirat adalah terjadinya kiamat. Hari kiamat ditandai dengan tiupan sangkakala (terompet) oleh Malaikat Israfil dan hancurnya alam semesta. Pembahasan mengenai kiamat banyak terdapat di Al-Qur'an dan kedatangannya pasti. Meskipun demikian, tidak ada yang tahu kapan kiamat itu akan terjadi. Jika ditanya tentang kiamat, Rasulullah SAW pun selalu menjawab bahwa tidak ada yang mengetahui nya, kecuali Allah SWT.

Pada saat kiamat, seperti yang digambarkan dalam Al-Qur'an, bumi bergoncang mengeluarkan isinya (Q.99:1-2), gunung-gunung pecah, beterbangan dan menjadi pasir (Q.73:14), langit akan terbelah dan bintang berjatuhan (Q.82:1-2).

Tujuan Hidup
Negeri akhirat merupakan tujuan akhir hidup manusia di dunia. Dikehendaki atau tidak, akhirat tidak bisa dielakan. Meskipun begitu, Al-Qur'an mengisyaratkan adanya orang-orang yang mendustakan akhirat karena mereka telah puas dengan kesenangan dunia (Q.3:185). Mereka lupa bahwa kehidupan hakiki adalah kehidupan setelah mati, yaitu kehidupan di akhirat. Menurut Al-Qur'an, orang-orang yang mendustakan akhirat sama dengan mendustakan pertemuan dengan Allah SWT.

Istilah Lain Akhirat
Dalam Al-Qur'an ditemukan sejumlah istilah atau nama yang menunjukan sifat atau aspek tertentu kiamat atau akhirat, antara lain :
  • Hari Pembalasan (yaum ad-din) : hari keputusan untuk memberi balasan setimpal
  • Hari Akhir (yaum al-akhir) : hari paling akhir dan tidak ada lagi hari sesudahnya
  • Hari Kebangkitan (yaum al-ba's) : hari ketika manusia dibangkitkan dari kubur
  • Hari Berkumpul (yaum al-jam'i) : hari ketika manusia dikumpulkan di satu tempat, yaitu padang mahsyar
  • Hari Perhitungan (yaum al-hisab) : hari ketika segala amal perbuatan manusia diperhitungkan

Sumber Tulisan : Ensiklopedi Islam

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!