Tahukah Kalian, Apa saja Fungsi Kaki pada Belalang?

Kalian pasti pernah melihat belalang, iya kan? Kalau kalian perhatikan, belalang memiliki 3 pasang kaki di tubuhnya, yaitu kaki depan, kaki tengah, dan kaki belakang. Kaki belakang pada belalang memiliki ukuran yang berbeda dari kedua pasang kaki yang lain. Kaki ini berukuran lebih besar, lebih panjang, dan lebih kuat. Tahukah kalian, mengapa begitu?

     Ternyata, kaki belakang ini sangat berguna bagi belalang saat ia melompat jauh. Tahukah kalian bahwa dengan sekali melompat, makhluk kecil ini dapat mencapai jarak sekitar 1,5 meter. Dan, lompatan ini akan bertambah jauh lagi jika saat melompat ia mengepakkan sayapnya. Pada saat itu, belalang seakan terbang di udara.
     Belalang akan melompat jika ia ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ketika akan melompat, belalang akan menarik kaki belakangnya ke depan, kemudian dengan kekuatan penuh dan cepat, kedua kaki yang besar dan panjang itu dihentakkan ke belakang. Dan, huup! Belalang pun melesat ke udara dan hinggap jauh dari tempatnya semula. Belalang akan menggunakan jurus lompatnya ini manakala ia terancam oeh musuh. Dengan begitu, belalang dapat segera menghindar dari sang musuh yang berusaha mendekat.
     Oh, ya, ada satu lagi kegunaan dari kaki belalang. Yaitu, dengan kakinya yang besar dan panjang itu, belalang bisa berenang di air. Bahkan, ia dapat berenang dengan cepat. Karena itulah, belalang termasuk salah satu perenang yang baik di kalangan serangga.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!