Rumah-rumah Desa Tiebele


Pola-pola geometris yang tergambar di dinding-dinding bangunan ini begitu unik dan indah. Pelukisnya adalah para perempuan dari desa Tiebele. Bukan sekedar coretan, pola-pola itu mempunyai arti tersendiri.

Rumah Unik
     
Desa Tiebele terletak di Burkina Faso, sebuah negara di Afrika Barat. Rumah-rumah di desa ini unik, berbentuk kotak atau melingkar dengan atap datar. Dindingnya terbuat dari campuran tanah, kayu, jerami, dan kotoran sapi yang dikeringkan. Dinding yang tebal, membuat rumah ini berdiri dengan kokoh.
     Rumah-rumah di Tiebele dibuat tanpa jendela. Kalaupun ada, jendelanya sangat kecil, hanya untuk memasukan cahaya matahari. Pintu-pintunya juga dibuat rendah, sehingga harus membungkuk ketika memasukinya. Rumah di desa ini memang dibuat rapat untuk mempertahankan suhu di dalamnya. Rumah tetap hangat di malam hari dan tidak terlalu panas di siang hari.


Gambar Menarik
     Ketika berkeliling di sepanjang desa ini, hampir semua dinding rumah bagian luar dihiasi gambar-gambar cantik. Ini tidak sekedar corat-coret tanpa arti. Gambar-gambar itu melambangkan simbol kepercayaan di Desa Tiebele.
     Gambar-gambar itu juga membedakan fungsi bangunan. Misalnya, untuk rumah kepala suku, gambarnya berbeda dengan rumah warga. Rumah kepala suku dibuat lebih meriah seperti istana. Sedangkan untuk makam, gambar dibuat lebih sederhana. Kebiasaan menggambari dinding rumah ini sudah berlangsung sejak abad ke-16.


Perempuan Pelukis
     Yang lebih hebat lagi, gambar-gambar indah ini dibuat oleh para perempuan Desa Tiebele. Awalnya, seorang perempuan yang menjadi pemimpin akan membuat garis vertikal panjang dari atas. Perempuan-perempuan lain akan meneruskan gambar itu. Mereka mengisi bidang dalam garis-garis itu dengan motif-motif unik.
     Untuk menggambari dinding rumah, para perempuan itu menggunakan campuran batu kapur dan lumpur berwarna. Setelah gambar selesai, mereka melapisinya dengan pelapis yang terbuat dari rebusan nere, pohon kacang-kacangan khas Afrika. Lapisan itu akan menjaga gambar supaya tetap awet meskipun terkena hujan dan panas.


Desa Tiebele memang bukan desa yang kaya ^^ Namun, mereka punya budaya yang unik. Itulah kekayaan yang sebenarnya dimiliki Desa Tiebele. ;)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!