Instant Messaging Pengganti SMS


Dulu, sebuah pesan dikirm melalui surat. Sesudah itu pengirimian pesan berubah lewat SMS atau Short Message Service (SMS). Lewat SMS pesan sampai dalam waktu super singkat. Eehh... tetapi sekarang SMS sudah kalah nge-trend dengan instant mssaging (IM). Apa, sih keunggulan instant messaging?

Pulsa
     
Mengirim pesan lewat SMS, tentunya akan dikenakan pemotongan pulsa. Kalau dilakukan berkali-kali maka pulsa yang terpotong semakin banyak. Nah, kalau IM, jauh lebih hemat, karena menggunakan paket pulsa. Hitungan paket pulsa bisa dalam harian, mingguan, atau bulanan. Jadi kita bebas menggunakan IM sepuasnya, tanpa takut kehabisan pulsa. Sebab, pemotongan pulsa dilakukan sebelum IM dapat digunakan.

Multimedia
     SMS hanya dapat mengirim pesan berupa tulisan. Kalau ingin mengirim gambar, maka sistem berubah menjadi MMS (Multimedia Message Service) yang lebih mahal biayanya. Tetapi di IM, kita bisa mengirimkan tulisan gambar, video ataupun suara sepuasnya. Tentu saja tanpa dikenakan biaya tambaha. Seru, kan?

Emoticon
     Sekarang, mengirim pesan tanpa emoticon rasanya kurang seru. Emoticon SMS hanya berupa kombinasi dari huruf dan tanda baca. Tetapi, di IM, emoticon bisa berupa smiley atau boneka berwarna-warni dengan beraneka ragam raut wajah. Kawaii!!! haha

Tema, Foto Profil Status, dan Group Chat
     Di IM, kita bisa seru-seruan ganti tema, foto profil, dan status kita, lo. Enggak cuma itu, kita juga bisa mengirim pesan langsung ke beberapa teman kita dengan group chat. Nah, fitur itulah yang tidak dimiliki SMS.

Telepon Gratis
     Wah, ternyata IM enggak hanya untuk menirim pesan tapi bisa juga untuk menelepon! Gratis, lagi!  Eits tetapi hanya ada di beberapa IM tertentu, loh! LOL

Nomor Handphone
     
Baik SMS maupun IM sama-sama menggunakan nomor handphone sebagai identitas pemilknya. Jadi, hanya dengan menyimpan nomor handphone temanmu, maka secara otomatis, ia menjadi kontak IM-mu.

* Ini dia instant messaging yang sedang booming. *


Whatsapp Messenger
    Whatsapp atau biasa di singkat WA adalah instant messaging pertama yang menggunakan nomor handphone. Fungsinya hampir sama dengan SMS. Yang membedakan adalah fitut multimedianya. Kita bisa bebas bertukar pesan gambar sampai suara. Emoticonnya pun lucu-lucu, loh! Dari smiley sampai aneka macam bentuk. Sayangnya, whatsapp belum dapat digunaan untuk menelepon gratis.


Line
     Ini dia yang lagi booming juga! Iklannya dimana-mana sampe bosen liat si Agnes sama si Giring wkwkwk. Instant messaging ini juga banyak penggemarnya. Akan tetapi, bukan karena fitur multimedia dan telepon gratisnya. Melainkan karena emticonnya yang lucu-lucu! Emoticon di Line disebut sticker. Sticker Line berbentuk boneka utuh yang dapat menggambarkan perasaan seseorang. Malah, banyak orang yang lebih sering mengirim sticker daripada tulisan. Wkwkwkwk...
Ssst, Line juga memberikan info mengenai aktivitas idola kita, lo. Bahkan samapai idola yang ada di luar negeri sekalipun.


Kakao Talk
     "Katuk..katuk.." Itu bunyi masuknya pesan di intant messaging ini. Iklannya engga kalah heboh sama Line. LoL .Malahan lebih heboh karena bintang iklannya artis K-Pop. Fungsinya hampir mirip dengan Line. Selain fitur multimedia dan telepon gratisnya kita juga bisa add account artis idola, untuk tahu kegiatan mereka. Emoticonnya, juga lucu-lucu. Malah, ada emoticon bintang iklannya yaitu anggota Big Bang, boyband Korea.


We Chat
     We Chat juga bisa digunakan untuk mengirim pesan multimedia. Namun, di We Chat, kita enggak bisa telepon gratis. Eits, tetapi tenang saja, di We Chat ada fitur pesan video. Jadi, kita bisa ngobrol sambil bertatap muka dengan teman kita. Seru juga wkwkwkwkwk. 

Sekian informasinya, sering-seringa berkunjung ke sini ^^ jangan lupa tinggalkan komentar dan cek artikel kami yang lain.
  

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!