Dampak Positif dan Negatif Globalisasi dalam bidang Ekonomi


Hello apa kabar semua?? ^^ Baik bukan? Oke jika sebelum nya saya posting contoh globalisasi dalam segala bidang, nah kali ini saya share Dampak Positif dan Negatif Globalisasi dalam bidang Ekonomi. Tentu saja ini semua untuk menambah wawasan kalian semua dan untuk membantu tugas teman-teman jika teman-teman menerima tugas mengenai dampak positif dan negatif globalisasi dalam bidang ekonomi. Silahkan dibaca/ditulis...

Dampak Positif:
  1. Semakin mudahnya mendapat barang konsumtif.
    Banyaknya supermarket-supermaket memudahkan kita untuk mendapat barang konsumtif. Bukan hanya di kota-kota besar saja, tetapi di kota-kota kecil juga sekarang ini sudah banyak supermarket.
  2. Meningkatnya hasil produksi.
    Kemajuan teknologi menyebabkan kegiatan ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.
  3. Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri.
    Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di suatu negara maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di negara tersebut.
  4. Terbukanya ekspor dan impor.
    Terbukanya ekspor dan impor memungkinkan kita untuk mendapatkan atau membeli barang-barang luar negeri yang berkualitas tinggi dengan mudah.
Dampak Negatif:
  1. Barang-barang dari luar negeri bebas masuk sehingga produk dalam negeri tergeser. Akibatnya neraca perdagangan negara akan selalu minus jika tidak bisa menyaingi produk-produk luar negeri tersebut.
  2. Banyaknya Penyeludupan.  Terbukanya ekspor dan impor menyebabkan banyaknya penyeludupan barang-barang ilegal kedalam negeri. Seperti penyeludupan senjata ilegal, narkoba, dan barang ilegal lainnya.
  3. Tersainginya warung-warung kecil oleh supermarket. Banyaknya supermarket/minimarket menyebabkan warung-warung tersaingi. Ini disebabkan karena harga-harga barang pokok di supermarket yang lebih terjangkau dibandingkan warung-warung tersebut. Lama kelamaan warung-warung tersebut tidak laku dan akhirnya bangkrut.
  4. Investasi dari luar bebas masuk di Indonesia.  Memang bagus jika kita dapat bekerja sama dengan luar negeri, tetapi jika ini dibiarkan terlalu lama dan banyak investan-investan asing yang menanamkan modalnya di negeri kita, lama-kelamaan mereka akan menguasai perekonomian negara kita.
Sekian informasi mengenai dampak globalisasi di bidang ekonomi. Semoga membantu ^^

3 komentar:

  1. Owl City - Fireflies
    download lagunya gan !
    http://www.4shared.com/mp3/Tbku_KQ6/Owl_City_-_Fireflies.htm

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!