Tingginya Keamanan Jejaring Sosial Facebook


Hay sobat setiaa Tareqi Sensei ^^ Nah kali ini saya akan share kabar bagus tapi sekaligus buruk wkwkwkwk, Nah kabar bagus ini tetunya untuk para pengguna jejaring sosial Facebook sedangkan kabar buruk nya pasti udah tahu kan buat siapa? Hacker tentunya wkwkwk


Sekarang ini Facebook terus menambahkan fitur2 keamanan yang sangat2 extreme agar para hacker tidak dapat menyentuh sedikit pun account korbannya. Kita bisa lihat dari keamanan ke satu, yaitu Html halaman Recover Facebook, dulu pada halaman itu jika kita lihat elemennya maka akan terlihat email korban, tetapi sekarang ini sudah dirancang sehingga email korban disensor.

Lalu kedua, program Facebook Freezer (Program untuk mebekukan akun korban) sudah tidak bisa digunakan karena facebook diperbaiki kemanannya.

Ketiga, tampilan email pada profil, entah kenapa secara otomatis seluruh email di profil para pengguna facebook di hide tanpa sepengetahuan pengguna. Tentunya langkah ini pun mempersulit para hacker untuk mendapat email korban. Karena email adalah kunci untuk meng-hack account seseorang.

Ketiga langkah tersebut sangat menyulitkan para Hacker sob wkwkwk tapi jangan tenang dulu nih Para hacker dan juga cracker tidak akan berhenti mengincar korban nya cuma gara2 tiga keamanan diatas. Para Hacker dan Cracker masih bisa meng-hack account dengan cara Phising, Key Logging, atau pun dengan pendekatan melalui chat.

Berikut ini adalah tips-tips dari saya untuk menghadapi para Hacker tersebut:

  1. Berhati-hatilah jika sudah bermain di warnet atau di komputer teman (walaupun itu kompi teman kau, tidak menutup kemungkinan dia hack akun kau) Segeralah ganti pass di kompi sendiri/hanphone/tempat yang lebih terpercaya, karena ditakutkan mereka telah memasang Keylogger sehingga jejak ketikan password mu terdeteksi.
  2. Jika seseorang mengundang kamu melalui chat untuk mengunjungi situs tertentu dan meminta kamu melog in kan akun mu di situs tersebut sebaiknya abaikan saja, karena itu adalah salah satu teknik hacking yaitu Phising
  3. Jika ada orang tidak dikenal menanyakan hobi mu, tokoh kartun favorit mu, dimana orang tua mu lahir, siapa aktor favoritmu, siapakah nama panggilan saudaramu waktu kecil, dll sebaiknya jangan dijawab, karena pertanyaan pertanyaan tersebut kemungkinan untuk menjawab pertanyaan keamanan akun mu (Biasa nya jika dia sudah menanyakan ini berarti si hacker sudah mengetahui email korban, segeralah mengganti email yang baru)
  4. Selalu pasa semua layanan keamanan, seperti pertanyaan kemanan dll.
  5. Ini adalah hal terpenting! Jangan beritahukan kepada siapa pun email mu! Jika email ini dibutuhkan untuk mengisi suatu form di sekolah/kantor/pendaftaran suatu acara terntentu, maka buat lah dulu email yang baru, email yang tidak bersangkutan dengan akun manapun.
  6. Berhati-hati lah jika sedang surfing/browsing menggunakan wifi di sekolah/kantor/tempat umum. Saya sarankan untuk meng-install antivirus yang bisa melindungi mu dari malware di internet. Selalu menyalakan antivirus maka kalian akan cukup aman untuk diserang.
  7. Selalu ingat password email kamu (Yahoo,Gmail, dll) agar suatu saat kalau kau terkena hack, kamu bisa mengembalikan akun mu melalui email.
  8. Setting Info facebook mu menjadi hanya bisa dilihat oleh teman (kalo perlu pertahanan ekstra rubah menjadi hanya dilihat oleh saya wkwkw)
  9. Kecohlah para hacker dengan mengisi pertanyaan keamanan dengan asal-asalan agar tidak mudah ditebak (tidak sesuai dengan topik, contoh: dimana ayah kamu lahir? jawaban: spongebob ), tapi ingat catat jawaban nya di notepad/hanphone/buku atau dimana saja asalkan tidak lupa.
Nah sekian tips-tips terbaru dari Tareqi Sensei, ingat kalian harus tetap waspada! Semoga saja tips-tips tersebut dapat membantu para pengguna jejaring sosial yang lain bukan hanya facebook saja ^^

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!