Perjuangan Anak-Anak Zanskar



Memang malas ya, jika harus pagi-pagi bangun ke sekolah, apalagi pr belum pada dikerjain -_- wkwkwk *don't try this at home wkwkwk. Tapi kita patut malu loh! Kenapa malu? Ya, di Zanskar anak-anak sangat semangat pergi ke sekolah walaupun mereka harus kedinginan melewati balok-balok es serta rintangan yang sangat berbahaya sekali. Yuk kita cari tahu selengkapnya...

Zanskar
     Kamu sudah tahu Zanskar terletak di mana? Zanskar adalah wilayah paling utara dari India. Zanskar berada di dekat Pegunungan Himalaya. Di sana, terdapat hamparan pegunungan dan padang tundra. Penduduknya tidak banyak, sekitar 13.000 orang. Mereka tinggal di desa-desa kecil. Sebagian besar dari mereka adalah orang Tibet.

Sekolah Jauh
     Di Zanskar, tidak ada sekolah. Karena itu, anak-anak Zanskar harus bersekolah asrama di kota lain, yaitu Leh. Mereka bersekolah asrama karena jarak dari Zanskar ke Leh sangat jauh. Sekitar 100 kilometer, atau membutuhkan perjalanan berhari-hari!

Perjalanan Berat
     Anak-anak Zanskar berangkat sekolah ditemani orang tua mereka. Perjalanan berhari-hari ke sekolah itu sangat berat. Mereka harus berjalan kaki di antara pegunungan raksasa di sekeliling mereka. Mereka pun sambil memanggul tas dan perbekalan di punggung mereka. Saat malam tiba, mereka beristirahat di gua-gua.



Merangkak di pinggiran sungai untuk menuju sekolah.

Sungai Beku
     Salag satu tantangan terberat dalam perjalanan anak-anak Zanskar adalah Sungai Zanskar. Saat musim dingin, sungai itu membeku. Sungai beku disebut chadar atau lembaran es.
     Melewati sungai beku itu benar-benar berbahaya. Kalau lapisan esnya sampai pecah, mereka tidak mungkin selamat. Karena itu, anak-anak Zanskar harus berhati-hati. Biasanya, mereka terpaksa berjalan di pinggiran sungai sambil merangkak!


Anak-anak Zanskar yang pantang menyerah.

Tidak Mengeluh
     Perjalanan anak-anak Zanskar ke sekolah sungguh menakjubkan. Tetapi, yang lebih menakjubkan adalah bagaimana anak-anak itu melakukannya. Mereka sama sekali tidak mengeluh. Mereka sabar dan pantang menyerah. Konon, itulah sifat orang-orang Zanskar yang tangguh, tetapi lemah lembut.

Lihatlah haha anak-anak Zanskar sangat bersemangat ke sekolah! Kita juga tidak boleh kalah dengan anak-anak Zanskar yang pantag menyerah! Semoga saja ini dapat memberi pelajaran bagi kita semua :)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan segera apabila ada link posting atau download yang mati, maka kami akan segera memperbaikinya!

Jangan segan-segan untuk berkomentar ^^
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik

NO SPAM AND NO SARA!